Jumat, 04 Januari 2013

Kondisi Geografis di Oklahoma

Oklahoma adalah negara ke-20 terbesar di Amerika Serikat, seluas 69.898 mil persegi (181.035 km2), dengan 68.667 mil persegi (177.847 km2) dari tanah dan 1.281 mil persegi (3.188 km2) air. Hal ini salah satu dari enam negara di Jalur Frontier, dan terletak sebagian di Great Plains dekat pusat geografis dari 48 negara bagian yang bersebelahan. Arkansas dan Missouri terikat di timur, di utara oleh Kansas, di barat laut dengan Colorado, di ujung barat oleh New Mexico, dan di selatan dan dekat-barat oleh Texas.

Tepi barat panhandle Oklahoma tidak sejajar dengan perbatasan Texas-nya. Perbatasan Oklahoma / New Mexico sebenarnya 2,1-2,2 km sebelah timur dari garis Texas. Perbatasan antara Texas dan New Mexico didirikan pertama sebagai hasil dari survei oleh Spanyol pada tahun 1819. Ia kemudian ditetapkan sepanjang Meridian 103. Pada 1890-an, ketika Oklahoma secara resmi disurvei menggunakan peralatan survei lebih akurat dan teknik, ditemukan bahwa garis Texas itu tidak diatur sepanjang Meridian 103. Teknik Survei tidak seakurat di tahun 1819, dan 103 sebenarnya Meridian adalah sekitar 2,2 mil di sebelah timur. Itu jauh lebih mudah untuk meninggalkan kesalahan seperti itu daripada Texas untuk menyerahkan lahan ke New Mexico untuk memperbaiki kesalahan survei yang asli. Penempatan perbatasan Mexico Oklahoma / New mewakili 103 Meridian benar.

Cimarron County di Oklahoma menjulur adalah daerah-satunya di Amerika Serikat yang menyentuh empat negara lainnya: New Mexico, Texas, Colorado dan Kansas (sekitar dua kilometer senilai).

Oklahoma adalah antara Great Plains dan Dataran Tinggi Ozark di Teluk Meksiko DAS, umumnya miring dari dataran tinggi batas barat terhadap lahan basah rendah batas tenggara nya. Puncak tertinggi dan terendah mengikuti tren ini, dengan puncak tertinggi, Black Mesa, pada 4.973 kaki (1.516 m) di atas permukaan laut, terletak di dekat sudut barat laut yang jauh di Panhandle Oklahoma. Intinya adalah negara terendah di Little River dekat perbatasan yang jauh tenggara dekat kota Idabel, OK, yang dips untuk 289 kaki (88 m) di atas permukaan laut.

Di antara negara-negara yang paling beragam secara geografis, Oklahoma adalah salah satu dari empat pelabuhan lebih dari 10 wilayah ekologi yang berbeda, dengan 11 di perbatasannya -. Lebih per mil persegi daripada di negara lain. Bagian barat dan timur, bagaimanapun, ditandai oleh perbedaan ekstrim dalam keragaman geografis: Timur Oklahoma menyentuh delapan daerah ekologis dan setengah bagian barat yang berisi tiga.

Oklahoma memiliki empat pegunungan utama:. Pegunungan Ouachita, Pegunungan Arbuckle, Pegunungan Wichita, dan Pegunungan Ozark [19] Terkandung dalam wilayah Negeri AS Highlands, Ozark dan Ouachita Pegunungan menandai satu-satunya wilayah pegunungan utama antara Pegunungan Rocky dan Appalachian.  Sebagian dari Hills Flint membentang ke utara-tengah Oklahoma, dan dekat perbatasan timur negara, Cavanal Hill dianggap oleh Pariwisata Oklahoma & Departemen Rekreasi sebagai bukit tertinggi di dunia,. pada 1.999 kaki (609 m ), gagal definisi mereka gunung dengan satu kaki.

Semi-kering dataran tinggi di pelabuhan sudut barat laut negara hutan alam yang sedikit, wilayah memiliki bergulir ke landscape datar dengan lembah intermiten dan rentang mesa seperti Pegunungan Glass. Dataran parsial terganggu oleh pegunungan kecil seperti Hills Antelope dan Wichita Pegunungan dot barat daya Oklahoma, dan padang rumput transisi dan hutan menutupi bagian tengah negara. The Ozark dan Ouachita Pegunungan naik dari barat ke timur di atas sepertiga bagian timur negara, secara bertahap meningkatkan di ketinggian ke arah timur.

Lebih dari 500 anak sungai bernama dan sungai membuat saluran air Oklahoma, dan dengan 200 danau yang dibuat oleh bendungan, memegang jumlah tertinggi dari waduk buatan di bangsa. [23] Sebagian besar negara terletak pada dua cekungan drainase primer milik Merah dan sungai Arkansas, meskipun Lee dan sungai kecil juga mengandung cekungan drainase signifikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar