Jumat, 04 Januari 2013

Iklim, Tumbuhan dan Hewan di Oklahoma

Oklahoma terletak di daerah beriklim sedang dan pengalaman ekstrem sesekali suhu dan curah hujan khas iklim benua. Kebanyakan dari negara terletak di daerah yang dikenal sebagai Tornado Alley ditandai dengan interaksi yang sering antara massa udara dingin dan hangat memproduksi cuaca buruk. Sebuah rata-rata 54 tornado menyerang negara per tahun-salah satu tingkat tertinggi di dunia.
Karena posisi Oklahoma antara zona yang berbeda-beda temperatur yang berlaku dan angin, pola cuaca dalam negara dapat bervariasi antara jarak yang relatif pendek dan dapat berubah drastis dalam waktu singkat [21] Sebagai contoh., Pada tanggal 11 November 1911, suhu di Oklahoma City mencapai 83 ° F (28 ° C) pada sore hari (rekor tinggi untuk tanggal itu), maka garis squall masuk menghasilkan drop sampai 17 ° F (-8 ° C) pada tengah malam (rekor rendah untuk tanggal), dengan demikian, baik catatan tinggi dan rekor rendah untuk November 11 yang ditetapkan pada hari yang sama.
The iklim subtropis lembab (Koppen Cfa) dari bagian timur Oklahoma sangat dipengaruhi oleh angin selatan membawa uap air dari Teluk Meksiko, namun transisi progresif ke zona semi-kering (Koppen BSK) di dataran tinggi Panhandle dan lainnya daerah barat dari sekitar Lawton barat jarang tersentuh oleh kelembaban selatan. [36] Pengendapan dan suhu jatuh dari timur ke barat sesuai, dengan rata-rata daerah di tenggara suhu tahunan dari 62 ° F (17 ° C) dan curah hujan tahunan dari 56 inci (1.420 mm), sedangkan daerah rata-rata panhandle 58 ° F (14 ° C), dengan curah hujan tahunan di bawah 17 inci (430 mm).
Semua negara sering mengalami suhu di atas 100 ° F (38 ° C) atau di bawah 0 ° F (-18 ° C), dan rentang salju dari rata-rata kurang dari 4 inci (10 cm) di selatan untuk lebih dari 20 inci (51 cm) di perbatasan Colorado di panhandle. Negara adalah rumah bagi Pusat Prediksi Badai, Laboratorium Nasional Badai parah, dan Keputusan Cabang Peringatan Pelatihan, semua bagian dari Layanan Cuaca Nasional dan terletak di Norman tertinggi suhu Oklahoma yang tercatat dari 120 ° F (49 ° C) tercatat sebesar Tipton pada tanggal 27 Juni 1994 dan suhu terendah tercatat dari -31 ° F (-35 ° C). tercatat sebesar Nowata pada tanggal 10 Februari 2011.
Hutan menutupi 24 persen dari Oklahoma padang rumput padang rumput dan terdiri dari shortgrass, campuran rumput, dan padang Tallgrass, pelabuhan ekosistem luas di bagian negara tengah dan barat, meskipun lahan pertanian telah digantikan rumput asli. Dimana curah hujan jarang di wilayah barat negara, shortgrass prairie dan shrublands merupakan ekosistem yang paling menonjol, meskipun pinyon pinus, cedar merah (junipers), dan pinus ponderosa tumbuh di dekat sungai dan tempat tidur sungai dirasakan di wilayah barat menjulur.
Marshlands, hutan cemara dan campuran pinus shortleaf, pinus loblolly dan hutan gugur mendominasi kuartal tenggara negara, sedangkan campuran dari sebagian besar oak pos, elm, cedar merah (Juniperus virginiana) dan hutan pinus menutupi timur laut Oklahoma.
Negara memegang populasi putih-ekor rusa, rusa bagal, kijang, anjing hutan, singa gunung, Bobcats, rusa, dan burung puyuh seperti, merpati, kardinal, elang botak, merah ekor elang, dan burung. Dalam ekosistem padang rumput, Amerika bison, ayam padang rumput yang lebih besar, luak, dan armadillo yang umum, dan beberapa kota terbesar bangsa prairie dog mendiami padang rumput shortgrass di negara menjulur. The Timbers Cross, sebuah wilayah transisi dari padang rumput ke hutan di Central Oklahoma, pelabuhan 351 spesies vertebrata. Para Pegunungan Ouachita adalah rumah bagi beruang hitam, rubah merah, abu-abu fox, dan otter sungai populasi, yang hidup berdampingan dengan total 328 spesies vertebrata di tenggara Oklahoma. Juga, di tenggara Oklahoma tinggal Alligator Amerika.
Oklahoma memiliki 50 taman negara, enam taman nasional atau daerah yang dilindungi, dua hutan lindung nasional atau padang rumput, dan jaringan yang diawetkan satwa liar dan kawasan konservasi. Enam persen dari 10 juta negara hektar (40.000 km2) hutan adalah lahan publik, termasuk bagian barat Ouachita National Forest, hutan nasional terbesar dan tertua di Amerika Serikat Selatan.
Dengan 39.000 hektar (158 km2), Prairie Tallgrass Preserve di utara-tengah Oklahoma adalah kawasan lindung terbesar Tallgrass Prairie di dunia dan merupakan bagian dari sebuah ekosistem yang hanya mencakup 10 persen dari luas lahan bekas, sekali mencakup 14 negara. Selain itu, Black Kettle National Grassland mencakup 31.300 hektar (127 km2) dari padang rumput di barat daya Oklahoma.  Wichita Pegunungan Wildlife Refuge adalah yang tertua dan terbesar dari sembilan tempat perlindungan satwa liar nasional di negara bagian dan didirikan pada tahun 1901, meliputi 59.020 hektar (238,8 km2).
Taman Oklahoma federal dilindungi atau situs rekreasi, Area Chickasaw Rekreasi Nasional adalah yang terbesar, dengan 9,898.63 hektar (18 km2) situs lainnya termasuk Santa Fe dan Trail of Tears bersejarah nasional trails, Smith Fort dan Washita Battlefield nasional. tempat bersejarah, dan Oklahoma City National Memorial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar